Aceh Timur

Sekwan DPRK Aceh Timur Ikut Andil Di Festival Kuliner Aceh Timur

IDI RAYEUK– Sekretaris Dewan Kabupaten DPRK Aceh Timur H. Zubir, SE, MM ikut berpartisipasi pada festival kuliner Aceh Timur yang digelar dilapangan Tembak Pusat Pemerintahan Kabupaten setempat, Selasa 19/12.

Untuk informasi, dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Timur para kepala Perangkat Daerah dalam lingkungan Kabupaten Aceh Timur, bersama Forkompimda utama dan Forkompimda Plus  mengikuti Festival Kuliner Aceh Timur.

Setelah melewati serangkaian proses penilaian dewan juri pemenang festival kuliner Aceh Timur tingkat  Perangkat Daerah ditoreh oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Aceh Timur. Sementara posisi Juara 2 disabit oleh Diskominfo Kabupaten Aceh Timur, diurutan juara ke 3 diraih oleh DP3KB.

Sementara Harapan I diraih oleh Sekretariat Dewan DPRK Aceh Timur, Harapan 2 Satpol PP, dan harapan 3, Disperindagkop.

Sementara lomba tingkat Forkompimda Kabupaten Aceh Timur juara 1 diraih oleh Mahkamah Syariah Idi, juara 2 Kodim0104 Aceh Timur, sementara diposisi 3 diraih oleh PJ. Bupati Aceh Timur.

Pemberian hadiah kepada juara diserahkan langsung oleh PJ. Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si.

Sekedar diketahui Acara lomba festival kuliner Aceh Timur ini dimotori oleh Bagian Pemerintahan Setdakab Aceh Timur. Acara  digelar di lapangan tembak Pusat Kantor Pemerintah setempat, Selasa 19 Desember 2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya pemerintah Kabupaten Aceh Timur tahun ini menyelenggarakan festival masak kuah belangong.

Masing – masing Dinas diwajibkan hadir Kepala perangkat Daerah dan Dua peserta di arena masak. Setiap peserta panitia memberikan sebanyak 8 kg daging. Selanjutnya dewan juri memberikan waktu selama 1 Jam 30 menit untuk dimasak.Setelah proses masak, kuah belangong dihidangkan untuk dicicipi dan dinilai oleh dewan juri.

Sementara bumbu kuah belangong yang  digunakan merupakan bumbu dari daerah kecamatan Simpang Ulim. Bumbu ini dikenal khas dan kaya rempah, tentunya beda dengan bumbu daerah lainnya di Aceh.

Para peserta mengakui bumbu kuah. Belangong Asal  simpang Ulim ini memiliki cita rasa dan kaya rempah yang khas.

Bumbu ini sangat dikenal di Kecamatan Simpang Ulim, bumbu ini sangat familiar dan diracik di daerah Gampong Lampoh Rayeuk dan Bantayan.

PJ Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si mengapresiasi seluruh peserta yang telah andil dalam festival kuliner Aceh Timur.
Diakui Mahyuddin para kepala Perangkat Daerahnya itu punya kreativitas dalam memasak kuah Belangong.

Mahyuddin mengaku Kabupaten Aceh Timur merupakan kabupaten yang luas dan kaya aneka ragam budaya dan kuliner. Maka  Menurutnya festival kuliner Aceh  Timur ini patut digelar secara berkelanjutan agar kekayaan kuliner Kabupaten Aceh Timur dikenal masyarakat luas.

“Rasa masakannya semua enak- enak. Bumbu asal Simpang Ulim perlu dipertahankan dan dikembangkan. Ini lah kekayaan kuliner kita di Aceh Timur yang perlu dirawat dan dijaga, ” demikian kata Mahyuddin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button