Gema Ramadan

Walidi Paloh Gadeng: Buka Ruang Hati Agar Allah Selalu Ada Dalam Aktivitas kita

Simpang Ulim — Pimpinan Dayah Paloh Gadeng Walidi H. Zunuwanis menjadi imam shalat Isya, terawih dan witir di masjid Ba’lawi Aceh, Gampong Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Rabu malam 27/3.

Putra Almarhum ulama kharismatik Aceh Abu Mustafa atau yang dikenal Abu Paloh Gadeng itu juga mengisi tausiyah peringatan malam Nuzulul Qur’an.

Dalam tausiyahnya Walidi mengajak umat memperbanyak qiraah Qur’an. Sebab baca Qur’an sangat begitu besar pahala yang didapatkan.

Baca Alquran merupakan amalan yang dilakukan. Setiap bacaan Allah berikan pahala yang berlipat ganda. Bahkan Allah memberikan pahala setiap huruf bukan kalimat yang berlipat ganda selama bulan ramadan.

Walidi juga mengajak meningkatkan ketaqwaan kepada Allah sebagai seorang hamba yang telah diciptakan yang tidak lain semata untuk beribadah kepada Allah.

Seyogyanya seorang hamba harus lebih mematuhi apa yang diperintahkan oleh Allah. Walidi menganalogikannya jika seorang hamba itu harus patuh atas segala perintah tuannya. Apa yang diperintahkan Tuannya harus segera dilaksanakan dengan menjunjung nilai etika.

Pertanyaan bagaimana etika kita hamba sekarang terhadap Tuhan kita yang mampu memberikan segalanya, mampu menciptakan, menghidupkan dan kaya raya atas segala nya?. Maka sangat lah penting
Etika hamba dengan Tuhannya harus melebihi dari etika hamba dengan tuannya.

Walidi turut mengajak jama’ah agar memperbaiki akhlak dan berkelakuan baik didalam sisa – sisa kehidupan di dunia. Jadikanlah aktivitas dunia menjadi nilai ibadah yang dihitung oleh Allah di hari akhir nanti.

Aktivitas duniawi sehari – hari yang dilakukan akan dianggap ibadah jika didasari dengan niat yang baik. Buka ruang hati kita agar Allah hadir dalam aktivitas dengan latarbelakang profesi yang berbeda sehingga semua yang dilakukan di dunia ini menjadi ibadah.

Diujung tausiahnya, Walidi juga mengingatkan pentingnya hubungan horizontal atau hubungan sosial yang perlu ditingkatkan. Menjaga ukhuwah juga sangat penting dalam meningkatkan amalan seorang hamba.

“Tingkatkan amalan kepada Allah dengan dasar niat yang tulus atas Ridha Allah dan perbaiki hubungan sosial, InsyaAllah kita sukses dunia dan akhirat,” tutup Walidi

Note: tulisan ini hanya inti sari yang dikutip penulis dari Tausiyah Peringatan Nuzulul Qur’an

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button